Sabtu, 01 Februari 2025

Esai Refleksi Mata Kuliah Computational Thinking Topik 1 (Aksi Nyata)

 

Pada semester kedua saya menjalani kuliah Pendidikan Profesi Guru (PPG) ini, saya mempelajari mata kuliah Computational Thinking. Saya berharap melalui mata kuliah Computational Thinking ini, saya dapat memahami cara berpikir sistematis untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia Pendidikan. Target utama saya dalam mengikuti mata kuliah Computational Thinking ini adalah dapat menerapkan prinsip Computational Thinking dalam perencanaan pembelajaran dan penyusunan strategi mengajar agar peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikir logis, analitis, dan kreatif. Selain itu, saya juga ingin menemukan cara efektif untuk mengintegrasikan Computational Thinking ke dalam berbagai mata pelajaran, khususnya yang saya ajarkan di SD.

Sebelum mempelajari lebih mendalam mengenai Computational Thinking, saya mengira bahwa Computational Thinking hanya berkaitan dengan pemrograman saja. Namun pada mata kuliah ini, saya banyak belajar hal baru mengenai Computational Thinking bahwa Computational Thinking itu tidak selalu berkaitan dengan pemrograman atau komputer saja, melainkan saya memahami bahwa Computational Thinking berkaitan dengan keterampilan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sistematis dan berfokus pada elemen berpikir logis dan kritis. Saya juga memahami empat fondasi utama Computational Thinking, yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma, yang semuanya sangat relevan dalam proses berpikir manusia, bukan hanya komputer.

Dengan mempelajari mata kuliah Computational Thinking, saya merasa bahwa keberadaan Computational Thinking dalam kehidupan sehari-hari saya sangatlah penting. Dalam dunia Pendidikan, Computational Thinking membantu guru dan peserta didik berpikir sistematis dalam memahami dan menyelesaikan masalah. Misalnya, dalam menyusun Modul Ajar, saya menerapkan dekomposisi dengan cara membagi pembelajaran menjadi beberapa sesi, saya menggunakan pengenalan pola dalam memahami karakteristik peserta didik, abstraksi untuk fokus pada materi inti, dan algoritma dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran. Tidak hanya dalam Pendidikan, Computational Thinking juga membantu berbagai aktivitas sehari-hari saya, seperti memasak sop, menyusun rencana liburan, membuat kue, atau mencuci baju.

Setelah belajar mengenai Computational Thinking, saya merasa lebih terbuka untuk menerapkan prinsip-prinsip dari Computational Thinking dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam dunia Pendidikan. Materi Computational Thinking ini membuat saya lebih memahami mengenai cara berpikir logis dan kritis. Hal ini tentunya berfungsi dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah di kehidupan sehari-hari secara sistematis dan efisien. Saya juga semakin sadar bahwa berpikir sistematis tidak hanya penting dalam teknologi saja, namun juga berperan dalam pengambilan keputusan di kehidupan sehari-hari.

Kendala yang mungkin akan saya hadapi selama mengikuti mata kuliah ini adalah pemahaman yang lebih mendalam dalam menghubungkan Computational Thinking dengan mata pelajaran di SD secara konkret. Tidak semua peserta didik memiliki pola pikir yang sama, sehingga tantangan terbesar adalah bagaimana mengajarkan Computational Thinking dengan cara yang mudah dipahami oleh anak-anak. Untuk mengatasi kendala ini, saya berencana untuk mempelajari lebih banyak contoh penerapan Computational Thinking dalam Pendidikan dasar, serta berdiskusi dengan teman, dosen, maupun guru untuk mendapatkan wawasan baru.

Mata kuliah Computational Thinking memberikan wawasan baru tentang cara berpikir sistematis yang dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. Harapan saya adalah dapat menerapkan konsep ini dalam pembelajaran di sekolah dasar, agar peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis sejak dini. Meskipun ada tantangan dalam menghubungkan Computational Thinking dengan kurikulum SD, saya akan berusaha mencari strategi yang efektif agar Computational Thinking dapat diterapkan dengan baik di kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Computational Thinking - Topik 4

 Pada tulisan kali ini akan saya sajikan pekerjaan saya pada mata kuliah Computational Thinking di Topik 4 pada alur Mulai dari Diri dan Eks...