Minggu, 02 Maret 2025

Lembar Kerja Mahasiswa Eksplorasi Konsep - CT Topik 3

 

T3-3a Eksplorasi Konsep – Lembar Kerja Mahasiswa

Nama/NIM: Elvina Isna Nurjanah/2422520030

Jenjang/mata pelajaran yang diampu: Sekolah Dasar

Unit/No Unit: Reading/3

Judul Soal: Graffiti

No

Pertanyaan

Jawaban

1

Tuliskan solusi untuk soal ini!

3.1 B. Menyampaikan pendapat tentang graffiti

3.2 Sophia membandingkan graffiti dengan poster iklan untuk menunjukkan bahwa masyarakat menerima poster iklan yang memenuhi ruang publik dan menolak graffiti.

3.3 Saya lebih setuju dengan Sophia karena Sophia lebih berpikir terbuka. Ia juga menunjukkan bahwa graffiti dapat dianggap sebagai karya seni sebagai media iklan.

3.4 Surat Sophia karena Sophia menggunakan perbandingan dan logika yang kuat untuk berpendapat

2

Tuliskan langkah-langkah berpikir Anda hingga mendapat solusi dari permasalahan ini!

Ø  Membaca dan memahami soal/pertanyaaan yang disajikan terlebih dahulu.

Ø  Menganalisis isi dari surat yang ditulis Helga dan Sophia.

Ø  Menyusun jawaban yang paling sesuai dengan pertanyaan yang diberikan.

3

Identifikasi 4 fondasi CT yang Anda gunakan dalam menyelesaikan masalah ini!

·    Dekomposisi: Membagi soal menjadi beberapa bagian kecil agar lebih mudah dipahami dan dianalisis:

1)      Soal 3.1 menanyakan tuuan dari surat yang ditulis Helga dan Sophia

2)      Soal 3.2 menganalisis alasan Sophia membahas periklanan

3)      Soal 3.3 menanyakan pendapat saya lebih setuju pada argument Helga atau Sophia

4)      Soal 3.4 mengidentifikasi surat yang lebih baik

·    Pengenalan Pola: Mengenal pola dalam surat yang berisi argumen dari Helga dan Sophia. Helga memaparkan dampak negatif dari graffiti, sedangkan Sophia dapat berpikir lebih terbuka dengan membandingkan graffiti dengan iklan yang sama-sama memnuhi ruang publik.

·    Abstraksi: Memahami isi dari kedua surat dengan menyaring jawaban untuk pertanyaan yang diberikan.

·    Algoritma: Menyusun langkah-langkah logis dalam penyelesaian masalah

1)      Membaca dan memahami isi setiap surat.

2)      Mengidentifikasi tujuan dan argumen utama masing-masing penulis.

3)      Membandingkan dengan pertanyaan dan menememukan jawaban yang sesuai.

4)      Menggunakan bukti dari surat untuk mendukung jawaban.

5)      Menyusun jawaban secara jelas dan sistematis.

 

Nama/NIM: Elvina Isna Nurjanah/2422520030

Jenjang/mata pelajaran yang diampu: Sekolah Dasar

Unit/No Unit: Mathematics/7

Judul Soal: Speed of Racing Car

No

Pertanyaan

Jawaban

1

Tuliskan solusi untuk soal ini!

7.1 B (Jarak dari garis start ke bagian lintasan lurus terpanjang adalah 1,5 km

7.2 C (Kecepatan terendah yang tercatat selama putaran kedua adalah di titik ke 1,3 km

7.3 B (diantara titik 2,6 km dan 2.8 km kecepatan mobil bertambah)

7.4 B (Lintasan yang paling sesuai dengan pola grafik kecepatan adalah B)

2

Tuliskan langkah-langkah berpikir Anda hingga mendapat solusi dari permasalahan ini!

Ø  Membaca dan memahami soal/pertanyaaan yang diberikan terlebih dahulu.

Ø  Memahami dan menyesuaikan grafik dengan lintasan yang disediakan.

Ø  Memeriksa titik spesifik dalam grafik yang disesuaikan dengan pertanyaan yang diberikan.

3

Identifikasi 4 fondasi CT yang Anda gunakan dalam menyelesaikan masalah ini!

·    Dekomposisi: Membagi soal menjadi beberapa bagian kecil agar lebih mudah dipahami dan dianalisis:

1)      Soal 7.1 mencari jarak dari garis start ke bagian lintasan lurus terpanjang

2)      Soal 7.2 menentukan titik dengan kecepatan mobil paling rendah

3)      Soal 7.3 menganalisis perubahan kecepatan diantara 2,6 km dan 2.8 km

4)      Soal 7.4 menentukan lintasan yang sesuai dengan grafik kecepatan

·    Pengenalan Pola: Grafik menunjukkan perubahan kecepatan mobil di berbagai titik trek. Kita bisa melihat tren naik-turun yang mungkin disebabkan oleh belokan atau trek lurus. Bagian dengan kecepatan yang relatif stabil menunjukkan trek lurus. Kemudian, titik-titik kecepatan rendah kemungkinan terjadi pada belokan tajam atau area pengereman

·    Abstraksi: Memfokuskan penyelesaian solusi pada elemen-elemen utama saja, yaitu jaraak, kecepatan terendah, dan perubahan kecepatan di titik-titik tertentu.

·    Algoritma: Menyusun langkah-langkah logis dalam penyelesaian masalah

1)      Membaca dan memahami setiap soal.

2)      Memahami dan menyesuaikan grafik dengan lintasan yang disediakan.

3)      Memeriksa titik spesifik dalam grafik yang disesuaikan dengan pertanyaan yang diberikan.

4)      Memilih jawaban yang paling sesuai.




Unggahan ini disusun oleh Elvina Isna Nurjanah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Computational Thinking Topik 3 Eksplorasi Konsep sebagai portofolio mata kuliah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Computational Thinking - Topik 4

 Pada tulisan kali ini akan saya sajikan pekerjaan saya pada mata kuliah Computational Thinking di Topik 4 pada alur Mulai dari Diri dan Eks...