T3-8 Aksi Nyata – Refleksi
Pembelajaran
1. Pengalaman menarik apa saja yang Anda dapatkan dari
mengimplementasikan CT untuk menyelesaikan berbagai jenis persoalan? Anda bisa menceritakan
keberhasilan dan kegagalan yang Anda alami dalam mempelajari topik ini.
Jawab:
Pengalaman
menarik yang saya alami dalam menerapkan Computational
Thinking (CT) adalah saat mendampingi peserta didik dalam menyelesaikan
soal Bahasa Indonesia mengenai cara memahami is teks bacaan tertentu. Beberapa
peserta didik mengalami kesuitan dalam memahami bacaan karena mereka cenderung
membaca seluruh bacaan secara langsung tanpa memilih informasi-informasi
penting.
Saya
kemudian mencoba menerapkan prinsip dekomposisi dalam memecahkan soal ini.
Peserta didik diajak memecah bacaan menjadi bagian-bagian kecil, seperti
mencari kalimat utama dalam setiap paragraf, mengidentifikasi tokoh dan
kejadian utama, dan menyusun ringkasan berdasarkan informasi tersebut. Melalui
cara ini, peserta didik dapat lebih mudah memahami isi bacaan dan dapat
menjawab petanyaan dengan lebih tepat. Keberhasilan yang saya temukan adalah
meningkatnya kemampuan peserta didik dalam memahami isi bacaan karena mereka
mulai terbiasa memilah informasi berdasarkan struktur teks.
2. Apakah terjadi perubahan cara berpikir yang Anda
alami setelah mempelajari topik CT dalam problem solving (topik
2 dan 3)?
Jawab:
Setelah
mempelajari topik ini, saya mulai berpikir lebih sistematis dalam memecahkan
masalah, tidak hanya dalam konteks akademik tetapi juga dalam kehidupan
sehari-hari. Sebelumnya, saya cenderung menyelesaikan suatu masalah secara
langsung tanpa merancang strategi terlebih dahulu. Namun, dengan memahami
prinsip CT seperti pattern recognition
dan algorithmic thinking, saya lebih
mampu mengidentifikasi pola dalam suatu permasalahan dan menyusun
langkah-langkah penyelesaian yang lebih efisien.
3. Apakah ada perbaikan yang dapat Anda lakukan
terhadap cara mengajar Anda nantinya setelah mempelajari topik CT dalam problem
solving?
Jawab:
Setelah mempelajari CT dalam problem solving saya menjadi lebih sadar mengenai pentingnya membimbing peserta didik dalam berpikir kritis dan logis sejak dini. Kedepannya saya akan melakukan perbaikan terhadap cara mengajar saya, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) yang mengintegrasikan prinsip CT, seperti mendorong siswa untuk mengenali pola dalam teks bacaan atau membangun strategi pemecahan masalah dalam numerasi. Saya juga akan lebih banyak menggunakan media interaktif, seperti permainan edukatif berbasis CT, agar peserta didik lebih antusias dalam kegiatan belajar.
Unggahan ini disusun oleh Elvina Isna Nurjanah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Computational Thinking Topik 3 Aksi Nyata sebagai portofolio mata kuliah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar