Minggu, 02 Maret 2025

Hasil Refleksi pada Aksi Nyata - CT Topik 3

T3-8 Aksi Nyata – Refleksi Pembelajaran

1.      Pengalaman menarik apa saja yang Anda dapatkan dari mengimplementasikan CT untuk menyelesaikan berbagai jenis persoalan? Anda bisa menceritakan keberhasilan dan kegagalan yang Anda alami dalam mempelajari topik ini.

Jawab:

Pengalaman menarik yang saya alami dalam menerapkan Computational Thinking (CT) adalah saat mendampingi peserta didik dalam menyelesaikan soal Bahasa Indonesia mengenai cara memahami is teks bacaan tertentu. Beberapa peserta didik mengalami kesuitan dalam memahami bacaan karena mereka cenderung membaca seluruh bacaan secara langsung tanpa memilih informasi-informasi penting.

Saya kemudian mencoba menerapkan prinsip dekomposisi dalam memecahkan soal ini. Peserta didik diajak memecah bacaan menjadi bagian-bagian kecil, seperti mencari kalimat utama dalam setiap paragraf, mengidentifikasi tokoh dan kejadian utama, dan menyusun ringkasan berdasarkan informasi tersebut. Melalui cara ini, peserta didik dapat lebih mudah memahami isi bacaan dan dapat menjawab petanyaan dengan lebih tepat. Keberhasilan yang saya temukan adalah meningkatnya kemampuan peserta didik dalam memahami isi bacaan karena mereka mulai terbiasa memilah informasi berdasarkan struktur teks.

2.      Apakah terjadi perubahan cara berpikir yang Anda alami setelah mempelajari topik CT dalam problem solving (topik 2 dan 3)?

Jawab:

Setelah mempelajari topik ini, saya mulai berpikir lebih sistematis dalam memecahkan masalah, tidak hanya dalam konteks akademik tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Sebelumnya, saya cenderung menyelesaikan suatu masalah secara langsung tanpa merancang strategi terlebih dahulu. Namun, dengan memahami prinsip CT seperti pattern recognition dan algorithmic thinking, saya lebih mampu mengidentifikasi pola dalam suatu permasalahan dan menyusun langkah-langkah penyelesaian yang lebih efisien.

3.      Apakah ada perbaikan yang dapat Anda lakukan terhadap cara mengajar Anda nantinya setelah mempelajari topik CT dalam problem solving?

Jawab:

Setelah mempelajari CT dalam problem solving saya menjadi lebih sadar mengenai pentingnya membimbing peserta didik dalam berpikir kritis dan logis sejak dini. Kedepannya saya akan melakukan perbaikan terhadap cara mengajar saya, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) yang mengintegrasikan prinsip CT, seperti mendorong siswa untuk mengenali pola dalam teks bacaan atau membangun strategi pemecahan masalah dalam numerasi. Saya juga akan lebih banyak menggunakan media interaktif, seperti permainan edukatif berbasis CT, agar peserta didik lebih antusias dalam kegiatan belajar.


Unggahan ini disusun oleh Elvina Isna Nurjanah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Computational Thinking Topik 3 Aksi Nyata sebagai portofolio mata kuliah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Computational Thinking - Topik 4

 Pada tulisan kali ini akan saya sajikan pekerjaan saya pada mata kuliah Computational Thinking di Topik 4 pada alur Mulai dari Diri dan Eks...