Minggu, 02 Maret 2025

Hasil Kerja pada Demonstrasi Kontekstual - CT Topik 3

 

T3-5 Demonstrasi Kontekstual – Lembar Kerja Mahasiswa

Nama/NIM: Elvina Isna Nurjanah/2422520030

Jenjang/mata pelajaran yang diampu: Sekolah Dasar

Unit/No Unit: Mathematics/21

Judul Soal: Skateboard

No

Pertanyaan

Jawaban

1

Tuliskan solusi untuk soal ini!

21.1 (a) Minimum price = 40 + 14 + 16 +10 = 80 zeds

       (b) Maximum price = 65 + 36 + 16 + 20 = 137 zeds

21.2 D. 12 (Eric dapat membuat 12 jenis skateboard. 3 × 2 × 1 × 2 = 12)

21.3 Kombinasi paling mahal yang dapat dipilih Eric tanpa melebihi 120 zeds adalah 65 zeds untuk dek, 14 zeds untuk roda, 16 zeds untuk truk, dan 20 zeds untuk perangkat keras. Dengan jumlah 115 zeds

2

Tuliskan langkah-langkah berpikir Anda hingga mendapat solusi dari permasalahan ini!

Ø  Membaca dan memahami soal/pertanyaaan yang disajikan terlebih dahulu.

Ø  Menganalisis harga pada tiap produk dan jumlah item per harga.

Ø  Menyusun jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang diberikan

1)      Menentukan harga minimum dan maksimum.

2)      Menghitung jumlah kombinasi skateboard.

3)      Menyesuaikan anggaran Erick.

3

Identifikasi 4 fondasi CT yang Anda gunakan dalam menyelesaikan masalah ini!

·    Dekomposisi: Membagi soal menjadi beberapa bagian kecil agar lebih mudah dipahami dan dianalisis:

1)      Soal 21.1 menetukan harga minimum dan maksimum

2)      Soal 21.2 menghitung jumlah kombinasi skateboard

3)      Soal 21.3 menyesuaikan anggaran dengan uang yang dimiliki Eric

·    Pengenalan Pola: Mengenali pola dalam pemilihan harga (harga terendah dan tertinggi) dan mengidentifikasi pola dalam cara mengkombinasikan opsi skateboard.

·    Abstraksi: Mengabaikan informasi yang tidak diperlukan untuk menjawab pertanyaan (gambar atau teks tambahan) dan fokus pada angka dan kombinasi produk.

·    Algoritma: Menyusun langkah-langkah logis dalam penyelesaian masalah

1)      Membaca dan memahami pertanyaan yang diberikan.

2)      Menganalisis tabel harga yang disajikan.

3)      Melakukan perhitungan harga, kombinasi dan alokasi anggaran.

4)      Menggunakan perhitungan logis dalam mendapatkan solusi yang tepat.

5)      Menyusun jawaban secara jelas dan sistematis.

 Unggahan ini disusun oleh Elvina Isna Nurjanah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Computational Thinking Topik 3 Demonstrasi Kontekstual sebagai portofolio mata kuliah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Computational Thinking - Topik 4

 Pada tulisan kali ini akan saya sajikan pekerjaan saya pada mata kuliah Computational Thinking di Topik 4 pada alur Mulai dari Diri dan Eks...